Biaya Operasional Perusahaan Akan Membengkak Jika…

Category: Bisnis
Published Date
Written by Anita Hits: 528

Mengatur biaya operasional perusahaan adalah suatu keharusan karena jika biaya yang satu ini tidak dikelola dengan baik, maka pemilik perusahaan akan mengalami masalah keuangan cepat atau lambat. Bagian terburuknya adalah bisnis akan gulung tikar dan tesingkir dari persaingan bisnis dalam waktu singkat. Rekan bisnisku pernah mengalami masalah ini tahun lalu. Perusahaan hampir saja gulur tingkar karena biaya operasional perusahaannya terus membengkak dari waktu ke waktu. Pada awalnya dia tidak mau ambil pusing dan terus menjalankan bisnisnya. Dua bulan berikutnya, perusahaannnya mulai kolapse karena tidak mampu memenuhi permintaan pasar dan membayar gaji karyawan. Dia digugat karyawannya dan terpaksa menjual seluruh aset perusahaan yang berharga. Saat ini, dia sudah kembali ke dunia bisnis sebagai pendatang baru.

Oleh sebab itu, para pemilik usaha diwajibkan menghindari hal-hal di bawah ini jika tidak ingin biaya operasional perusahaan membengkak:

Menyewa kantor

Banyak pengusaha yang berasumsi bahwa dengan menyewa kantor yang mewah dan megah, perusahaan mereka akan menjadi profesional dan diperhitungkan. Sebenarnya, asumsi ini tidak begitu benar karena menyewa kantor yang mewah dan megah dapat meningkatkan biaya operasional berkali-kali lipat. Bayangkan jika harga sewa kantor tersebut lebih dari 10 juta rupiah per bulan sedangkan pendapatan perusahaan tidak jauh dari harga sewa kantor tersebut, maka dapat dipastikan bahwa biaya operasional akan meningkat dengan cepat.

Lantas, adakah solusinya? Pada umumnya, ada dua solusi yang dapat dilakukan. Pertama, cukup sewa kantor dengan ukuran sedang jika kondisi keuangan perusahaan memang betul-betul baik. Kedua, manfaatkan kediaman Anda sebagai tempat usaha. Alternatif lain adalah menyewa kantor virtual yang harganya jauh lebih murah dibanding menyewa kantor real. Pastikan bahwa virtual office yang dipilih disediakan oleh provider terkemuka dan profesional supaya Anda bisa mendapatkan layanan yang memuaskan.

Memakai listrik dan air semaunya

Setelah pulang kantor, kebanyakan karyawan suka tidak memadamkan lampu atau perlengkapan elektronik yang mereka pakai. Bahkan, keran air untuk mencuci tangan sengaja dibiarkan hidup padahal sudah tidak dipakai lagi. Mereka berpikir bahwa hal tersebut bukan lah sebuah masalah besar. Hal ini memang terdengar sepele, tapi sadari jika hal ini terus menerus dilakukan, biaya operasional akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Untuk itu, minta para pegawai Anda untuk tidak memakai listrik dan air semaunya. Minta mereka untuk mematikan lampu atau alat elektronik setelah mereka menggunakannya serta nyalakan keran air seperlunya saja.

Merekrut karyawan baru tanpa tujuan yang jelas

Berkembangnya atau majunya sebuah perusahaan biasanya menuntut pemilik perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Hal ini memang sangat dianjurkan guna mencapai target bisnis yang dibutuhkan. Namun, jika hal ini dilakukan tanpa tujuan yang jelas, hal ini hanya akan menambah biaya operasional perusahaan saja. Bagaimana jika kondisi keuangan perusahaan kurang stabil, tapi Anda butuh tenaga kerja baru untuk mengoptimalkan hasil produksi? Pertimbakan untuk menggunakan perangkat lunak yang berhubungan supaya hasil kerja karyawan Anda bisa berkali-kali lipat lebih baik. Misalnya, jika Anda membutuhkan tenaga tambahan dalam hal manajemen hubungan pelanggan, Anda bisa menggunakan software CRM agar karyawan Anda bisa bekerja lebih cepat dan mendapatkan data yang akurat atau Anda bisa menggunakan perangkat lunak pembukuan untuk memudahkan staf Anda menghitung dan mendapatkan arus kas yang akurat.

Dengan menghindari ketiga hal di atas, diharapkan biaya operasional perusahaan Anda dapat stabil dan Anda bisa menjalankan bisnis dengan lancar. Semoga beruntung. :)